BIG DATA




Selamat siang semuanya :)



"Big Data" salah satu kata yang sering didengar dikalangan penggiat IT. Mungkin anda juga pernah mendengar. Namun masih ada banyak orang yang bingung dengan big data, berikut tentang penjelasannya.



APA ITU BIG DATA? 


Big Data adalah istilah umum untuk segala kumpulan himpunan data dalam jumlah yang sangat besar dan kompleks sehingga menjadikannya sulit untuk ditangani atau di proses jika hanya menggunakan manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional.

Big data pun menjamin pemrosesan solusi data dengan varian baru maupun yang sudah ada untuk memberikan manfaat yang nyata bagi bisnis. Namun pengolahan data dengan ukuran  dan kompleksitas besar tetap sekedar solusi teknologi kecuali jika dikaitkan dengan tujuan bisnis.


KARAKTERISTIK BIG DATA :

Big data didefinisikan sebagai sebuah masalah dominan dimana teknologi tradisional relasional database yang tidak mampu untuk melayani. Tidak semua bisa dikatergorikan sebagai big data. Big data memiliki 3 karakteristik, yaitu :

  • Volume 
Volume data yang paling besar pada big data ini meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi internet. Jutaan orang memproduksi data vidio yang ada youtube, status facebook, foto di instagram, dll.
  • Veocity
Volume data yang banyak tersebut terus bertambah dengan kecepatan yang begitu cepat sehingga sulit bagi kita untuk mengelol hal tersebut.
  • Variety
Data yang banyak dan begitu cepat tersebut memiliki jenis yang bermacam-macam.



MANFAAT  BIG DATA BAGI BISNIS :


  • Mengenal pelanggan dengan lebih baik 
Menggunakan aplikasi big data, untuk mengumupulkan informasi  yang terkait pelanggan yang membeli produk anda. Mengerti pelanggan anda adalah cara bagaimana anda menyediakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

  • Membangun strategi marketing yag efektif
Dengn data yang anda miliki, tentu anda bisa dengan mudah membangun strategi marketing yang efektif dan menjangkau setiap konsumen sesuai dengan segmen pasar anda. Anda juga terhindar dari risiko menyusutnya pangsa pasar karena hubungan dengan konsumen sudah terbangun sebelumnya.


Big data memberikan :
  1. kesempatan baru
  2. keputusan yang lebih baik 
  3. peingkatan daya asing

*Hadoop dapat memberikan solusi alternatif untuk permasalahan big data 



Apa itu Hadoop?

Hadoop  adalah merupakan farmework pemrosesan data secara terdistribusi dalam kluster server komoditas hingga mencapai ribuan. 






Hadoop ini digunakan dan dikembangkan oleh perushaan internet dunia, yaitu:
  1. Facebook
  2. Google
    1. Linked in
    2. Twitter
    3. Ebay
    Hadoop memberikan beberapa keuntungan dalam penerpannya :
    1. Ekonomis
    2. Skalabilitas
    3. Open source
    4. Kecepatan pemrosesan







    Sekian dan terimakasih :)
    semoga bermanfaat :)













    Nama : Stephania Aurel K
    NPM : 2018.02.039
    Prodi : Ft. Perhotelan semester 4 
               STIEPAR YAPARI BANDUNG

    Komentar